.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Makam Raja-Raja Banggae

Sabtu, 21 Mei 2016

Administrator

Islam

Dibaca: 342 kali

Kompleks Makam Raja-raja Banggae di Salabose yaitu di Kelurahan Banggae, Kecamatan Banggae Kabupaten Majene dengan posisi koordinat 03˚32’31.1” Lintang Selatan dan 118˚57’49.6” Bujur Timur. Pada umumnya makam-makam hanya ditandai dengan satu atau dua batu tegak (menhir) sebagai penanda dan tanpa badan makam sebagaimana yang dijumpai pada bentuk makam-makam lainnya di Banggae. Menhir-menhir yang ada memiliki bentuk dan posisi yang khas, dan merupakan karakteristik dari fungsinya yaitu sebagai nisan pada makam raja-raja yang pernah memerintah daerah itu sebelum masuknya agama Islam.

Kompleks makam tersebut terletak di bukit Salabose dengan ketinggian tidak kurang dari 75 meter di atas permukaan laut. Situs tersebut dikelilingi alang-alang dan pohon lamtoro, juga tanaman keras serta ladang-ladang yang digarap oleh masyarakat setempat. Jumlah menhir yang dapat diamati, seluruhnya berjumlah 11. Seluruh menhir yang ada pada kompleks itu terbuat dari batu gamping. Jenis batuannya banyak dijumpai di sekitar daerah itu, utamanya di daerah dekat pantai.

Dari keseluruhan menhir yang ada di kompleks tersebut, dapat dibedakan oleh ukuran, dan bentuknya dan tidak memperlihatkan adanya perbedaan dari tehnik serta cara pembuatannya yang masih memperlihatkan kesederhanaannya. Tampaknya terlihat bahwa menhir–menhir itu hanya dipahat tanpa diasah (dihaluskan), sekedar memberikan bentuk sesuai dengan yang dikehendaki, namun telah memperlihatkan adanya perkembangan sekaligus variasi bentuk, mulai dari bulat, persegi empat, persegi enam, persegi delapan dan pipih. 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas