.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Benteng Liwu

Sabtu, 21 Mei 2016

Administrator

Islam

Dibaca: 340 kali

Perjalanan ke lokasi Benteng Liwu relatif mudah karena dari Koncu melalui jalan-jalan menyusuri pinggir tebing dengan kontur tanah yang relatif datar.Namun jika lokasi itu dijangkau langsung dari Desa Wasuemba di pinggir pantai, maka tetap harus melalui jalan-jalan di tengah hutan dengan tanjakan yang cukup terjal.

Jika melihat sisa-sisa bangunan yang terletak di sebelah utara yang berjarak sekitar 1 km dari perkampungan pertama Koncu, ditemukan susunan dinding batu karang yang bentuk dindingnya menyerupai Koncu. Perbedaannya terletak pada komponen bangunan yang memang termasuk kategori benteng pertahanan. Untuk lebih jelasnya berikut akan diuraikan bentuk bangunan dan bangunan-bangunan lain yang terdapat di dalamnya.

Benteng Liwu berada tepat pada posisi geografis 050 37’ 04,6” LS – 1220 49’ 32,1” BT dengan ketinggian 301 meter di atas permukaan laut (dengan selisih ketinggian 24 m dengan Koncu).Situs Benteng Liwu berada di atas puncak bukit batu kapur (gamping) yang memanjang dari timur ke barat.

Di dalamnya terdapat beberapa komponen bangunan lainnya, seperti makam kuno, bekas lokasi mesjid, bekas-bekas rumah. Pada bagian atas bukit terdapat dataran yang cukup luas untuk dijadikan sebagai daerah permukiman. Pada setiap sisinya walaupun kontur tanahnya merupakan kemiringan yang cukup terjal, namun dapat digunakan oleh masyarakat setempat sebagai lahan perkebunan, yang ditanami dengan kelapa dan tanaman lainnya.Dari susunan batu yang digunakan dan konstruksi bentuk secara keseluruhan memperlihatkan suatu bentuk bangunan benteng. Konstruksi itu ditunjukkan oleh adanya dinding dua lapis yaitu dinding lapis pertama yang berukuran lebih tinggi daripada dinding lapis kedua.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas