.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Makam to salama di Cempa

Sabtu, 21 Mei 2016

Administrator

Islam

Dibaca: 349 kali

Cempa termasuk Desa Mattunru-tunru Kecamatan Cempa dengan koordinat LS 03⁰ 45’ 01,9”, BT 119⁰ 34’ 38,7”. Pada masa lalu masuk juga wilayah Sawitto dan arung Paria yang membagi wanua Cempa termasuk Akkarungnge ri Cempa. Arung Cempa  dikuburkan di tengah-tengah sawah penduduk.

Situs makam ini sekarang disebut Tosalama ri Cempa, Ukuran adalah sebagai berikut :

Panjang :  110 cm

Lebar      :  95 cm

Ukuran Gunungan Makam  adalah Sebagai Berikut :

Tinggi   :  60 Cm

Lebar    :   40 Cm

Nisan Makam Pipih dengan ukuran adalah sebagai berikut :

Tinggi   :  40  Cm

Lebar   :  20   Cm

Nisan Gadah pasangan nisan pipih, ukuran adalah sebagai berikut :

Tinggi   25  Cm

Lebar  : 15 Cm

Makam tersebut adalah bangunan bercungkup terbuat dari bahan tembok diplaster kemudian di cet putuh dan beratap seng. Ukuran adalah sebagai berikut :

Tinggi bangunan tembok adalah : 150  Cm

Lebar                                                  :  280 Cm

Di dalam komplek ini terdapat 9 buah makam. Nisan gadah sebanyak 3 dan pipih sebanyak 9 buah dan dinaungi sebanyak 3 pohon keras dan ukuran besar. Makam To Salama ini mengalami lemiringan sekitar 30 derajat kearah utara.

Pusat kesakralan Sawitto selalu dihubungkan dengan suatu tempat yang dipercaya masyarakat sebagai batu nisan makam sebagai tanda dipercaya walli atau to salamaE sebagai orang suci yang mempunyai kelebihan tertentu disbanding orang-orang yang ada di sekitarnya dan diperkuat eksistentinya oleh bangsawan yang di daerah setempat. Makam seperti ini masih sering dikunjungi oleh masyarakat d sekitarnya untuk memanjatkan hajat dan doa. Hal ini tampak bekas-bekas pedupaan dan daun–daun wadah sesajian yang melekat pada makam sacral tersebut.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas