.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Situs Makam Puang Walli di Sekkang Ribba

Sabtu, 21 Mei 2016

Administrator

Islam

Dibaca: 430 kali

Situs ini terdapat di tengah tengah perkebunan pepaya Lingkungan Sekkang Ribba dengan koordinat LS 03⁰ 49’ 40,1”, BT 119⁰ 38’ 22,9”. Kampung Sekkange  salah satu wilayah kerajaan Sawitto terletak di Lingkungan Sekkange. Kelurahan Benteng Kecamatan Sawitto. Menurut Imam masjid Sekkange H.Faisal bahwa, orang Sekkange pada masa kerajaan Sawitto “ Apabila ada musyawarah kerajaan Sawitto  maka orang   Sekkange dipanggil untuk utusan ke Dewan Adat secara istimewa.

Pengertian Puang Walli, “Walli” adalah orang yang taat kepada agama dan mempunyai kelebihan yang luar biasa dan kadang tidak rasional. Kondisi Jirat tersebut masih utuh dan terawat  dan telah direnovasi oleh keluarga almarhum, makam dipasangi kain kelambu dari bahan kaci warna putih, digantung pada empat tiang terbuat dari bahan kayu ulin pada bagian dasar kaki tiang diberikan anyaman terbuat dari bambu sebagai hiasan.   

Ukuran Makam Puang Walli adalah sebagai berikut :

-Jirat Makam

Tinggi  80 cm

Panjang 130 cm

Lebar       70 cm.

-Gunungan

Tinggi  80 cm

Lebar 50 cm.

-Nisan Makam

Tinggi 30 cm                                                           

Lebar  25 cm

Diameter bagian atas 30 c

Situs makam Arung Makkori terletak di Desa Makkori Kecamatan Mattiro Sompe dengan koordinat LS 03⁰ 50’ 06,6”, BT 119⁰ 32’ 55,4”. Kompleks makam kuna tersebut masih  digunakan pemakaman baru di dalamnya. Makam kuna Arung Makkori di atapi terbuat dari bahan atap seng dan empat tiang kayu. Nisan makam terbuat dari bahan kayu pipih, tinggi nisanm 55 cm, lebar nisan 11 cm.

Jirat makam terbuat dari bahan semen lebar 80 cm, panjang 170 cm. Tinggi gunungan 35 cm, lebar 50 cm. Nisan makam tinggi 25 cm, lebar 8 cm.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas