.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Situs Ceruk Lakuba

Ceruk Lakuba merupakan ceruk tebing terletak di Dusun II, Desa Liang Kobori, Kecamatan Lohia dengan posisi koordinat 04º 53 13,8" Lintang Selatan dan 122º 40 01,1" Bujur Timur pada ketinggian 216 meter di atas permukaan air laut. Untuk menuju ke Ceruk Lakuba dapat dicapai dengan mudah karena hanya sekitar 100 meter dari jalan menuju Liang Kabori atau di bagian belakang dari perkampungan penduduk. Sepanjang lereng menuju Ceruk Lakuba ditemukan sebaran fragmen gerabah meskipun tidak begitu padat dan moluska dari jenis Gastropoda dan Pelecypoda. Arah hadap Tenggara (150º) berukuran tinggi dari permukaan tanah perkampungan 5 meter dan kemiringan lereng berkisar 30 dan kemiringan lantai berkisar 3º – 5º. Sirkulasi udara cukup bagus karena merupakan ruang terbuka dengan intensitas sinar matahari yang cukup tinggi. Batuan penyusun adalah batuan gamping dengan warnah putih kekuningan.

Lantai bergelombang dengan warna tanah coklat kekuningan dengan ukuran lebar dari lereng bervariasi, terluas berukuran 4,30 meter, memanjang dari Timur Laut ke Barat Daya dengan ukuran 29 meter, dan tinggi ceruk 4 meter. Jumlah gambar yang ditemukan sebanyak 16 dengan rincian, 10 gambar manusia, 1 gambar manusia berkuda, 2 gambar manusia perahu, dan 3 gambar yang tidak diketahui karena bagian-bagiannya sudah hilang. Untuk lebih jelasnya jenis gambar di Gua Toko dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel  Jenis dan Jumlah Gambar Dinding Ceruk Lakuba

No.

Jenis Gambar

Jumlah

1.

Gambar Manusia

   10

2.

Gambar Manusia Berkuda

     1

3.

Gambar Manusia Perahu

     2

4.

Gambar yang tidak teridentifikasi

     3

 

Jumlah

   16

 

 Sebagaimana halnya dengan gua lainnya, Ceruk Lakuba memiliki frekuensi temuan gambar manusia yang paling banyak ditemukan. Hal ini menunjukkan bahwa manusia senantiasa menggambarkan eksistensi diri dan keluarganya pada tempat mereka bermukim (termasuk kamp transit ataupun kamp utama). Namun kualitas gambar yang ditemukan di Ceruk Lakuba termasuk cukup tinggi dengan variasi gambar perahu yang tidak ditemukan pada kedua gua sebelumnya. Keseluruhan gambar yang tertera pada foto berikut terkonsentrasi pada bagian Timur Laut.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas