.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Gua Toko

Gua Toko terletak di sebelah Barat Daya sekitar 500 meter dari Gua Wabose dengan kondisi jalan bergelombang lemah. Untuk menuju Gua Toko harus melalui jalan sempit disertai pendakian yang terjal hingga puncak bukit. Gua Toko agak sulit dicapai karena selain letaknya di atas puncak bukit, jalan menuju ke puncak juga harus melalui jalan sempit dan memanjat tebing yang terjal dengan jurang di sebelah kiri. Secara astoronomi berada pada 04º 53 38,9" Lintang Selatan dan 122º 40 20,5" Bujur Timur pada ketinggian 227 meter di atas permukaan air laut. Di depan mulut gua terdapat susunan batu gamping dengan ukuran tinggi sekitar 100 cm yang mirip dengan bentuk dinding benteng. Pada beberapa bagian terdapat oernamen gua seperti stalaktit dan stalagmit yang masih aktif. Ukuran gua yaitu lebar mulut 11,5 meter, panjang rongga 22 meter, dan tinggi dari permukaan lantai 6 meter. Di bagian lantai (pengamatan dengan senter penerangan) ditemukan beberapa fragmen gerabah dan moluska dari kelas Gastropoda dan Pelecypoda. Lantai menurun ke dalam dan merupakan endapan yang cukup tebal. Kondisi ruang gua cukup gelap dan beberapa gambar sudah berlumut, meskipun demikian masih dapat diidentifikasi jenis gambarnya. Gambar yang tertera di dinding gua yang paling dominan adalah gambar manusia menunggang kuda, disamping gambar berupa pemburu dan penari. Warna lukisan didominasi warna merah dan sebagian kecil berwarna hitam.

Secara keseluruhan jumlah gambar yang tersebar di dinding gua sebanyak

57 yang terdiri atas, 23 gambar manusia, 18 manusia berkuda, 2 gambar adegan menari, 2 gambar binatang (kuda), 2 gambar flora (kelapa?), dan 10 gambar yang tidak diketahui. Untuk lebih jelasnya jenis gambar di Gua Toko dapat dilihat pada tabel berikut.

 

Tabel  Jenis dan Jumlah Gambar Dinding Gua Toko

No.

Jenis Gambar

Jumlah

1.

Gambar Manusia

   23

2.

Gambar Penunggang Kuda

   18

3.

Gambar Adegan Menari

     2

4.

Gambar Binatang (Kuda)

     2

5.

Gambar Flora (kelapa?)

     2

6.

Gambar yang tidak teridentifikasi

   10

 

Jumlah

   57

 

Diagram di atas menunjukkan bahwa gambar manusia lebih banyak dibanding gambar jenis lainnya. Namun sangat disayangkan bahwa ada beberapa gambar yang sulit diketahui bentuknya karena selain sudah aus, beberapa garis yang membentuk jenisnya tidak dapat dirujuk pada sesuatu bentuk.  Adegan yang menarik adalah berburu dengan mengendarai binatang kuda, dan bahkan salah satu gambar memperlihatkan seorang manusia sedang menjinjing seekor binatang yang diperoleh dari hasil buruannya. Gambar lain yang cukup menarik (meskipun hanya berjumlah 2) yaitu gambar pohon kelapa. Secara kontekstual, sejumlah gambar yang tertera cukup memberi petunjuk mengenai aktivitas manusia dan kondisi geografis yang tertdiri atas tanaman yang telah dibudidayakan seperti tanaman kelapa.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas