.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Situs Benteng Pajongang

Benteng pajongang secara administratif terletak di Desa Laea Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. Secara astronomis terletak pada titik S 04° 49’08,3” dan E 121°41’37,1” dengan ketinggian 44 mdpl. Situs ini berada dekat dengan jalan poros dari Kolaka keBombana dengan kondisi jalan yang mulai rusak. Di sekeliling situs yang terlihat hanyalah tanah lapang yang datar dan sangat jarang ditumbuhi pohon dengan jarak dari jalan garis pantai sekitar 2,8 km.

Selain Benteng tanah terdapat pula bungker yang terletak di sisi barat situs pajongang. Bungker yang terlihat dari permukaan berupa gundukan berbentuk segi panjang menghadap utara selatan, dengan panjang 10 meter dan tinggi 2 meter. Di atas gundukan tanah tersebut terdapat cerobong berbentuk segi empat dengan tinggi dari permukaan gundukan  110 cm, lebar 81 cm dan kedalaman lubang yang terlihat 10 m. Pintu lorong masuk berada di sisi selatan gundukan yang ukurannya dengan tinggi 110 cm dan lebar 40 cm.

Bungker ini memiliki 3 lorong, lorong pertama yang berada dekat pintu masuk memiliki panjang 9 meter dengan tinggi 130 cm dan lebar hingga 40 cm dengan orientasi utara selatan. Lorong kedua berupa anak tangga yang turun kelorong ketiga, memiliki ukuran panjang lorong 5 m tinggi 1m dan lebar 40 cm dengan arah hadap timur barat. Lorong ketiga memiliki ukuran panjang 4 m tinggi 1 m dan lebar 40 cm dengan arah hadap utara selatan.

Meriam dari bahan besi berwarna coklat terlihat berada di tengah-tengah Situs Benteng Pajongang. Meriam ini memiliki 2 roda yang berukuran diameter 139 cm dan tebal roda 48 cm. Meriam yang berbentuk tabung ini memiliki ukuran panjang 220 cm dengan diameter lubang 69 cm. di tengah-tengah lubang meriam, terdapat banyak lubang-lubang kecil berbentuk lingkaran dengan diameter 5 cm. Di permukaan situs ditemukan beberapa fragmen besi dan juga endapan tanah yang mengandung besi.

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas