.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Situs Makam Sangia Dowo

Sabtu, 21 Mei 2016

Administrator

Islam

Dibaca: 329 kali

Kompleks makam sangia Dowo secara administrative terletak di Desa Toburi Kecamatan Poleang Utara. Secara astronomis berada pada titik S 04° 42’52,4” dan E 121°46’09” dengan ketinggian 44 m dpl. Untuk menuju kesitus melewati pemukiman dengan jarak dari jalan poros Kolaka-Bombana sekitar 50 m. Jalan setapak menuju kesitus yang telah dibeton oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara dilakukan sebagai upaya perlindungan dan pelestarian. Makam yang terdapat di situs ini adalah makam Sangia Dowo merupakan raja Toburi yang melawan penjajahan Belanda di Bombana.

Di sekitar situs dikelilingi oleh pemukiman, perkebunan dan makam-makam baru. Indikasi yang terlihathanya berupa makam islam berundak 4 menghadap utara-selatan yang disusun dari batu sungai dengan ukuran undakan di bawah 650 cm dan lebar 510 cm dengan tinggi undakan secara keseluruhan 141 cm. Makam pada bagian atas undakan telah diatapi dari seng dengan tiang dari kayu.      

Nisan makam yang hanya batu polos (tidak di stilir) telah rebah namun masih tersimpan di atas makam. Di dekat nisan yang telah dibungkus kain ini terlihat beberapa piring kaca dan tempat air dari plastic masih tersimpan sebagai wadah sesajian yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Menurut masyakat bahwa di atas makam pernah terdapat meriam berwarna kuning. Tidak jauh dari makam ini, terdapat 2 meriam kecil yang berada di samping rumah penduduk. Meriam ini memiliki ukuran panjang 1 m, dengan diameter ujung lubang 12 cm dan bagian bawah 26 cm.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas