.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Situs Kompleks Makam Tabbaka

Sabtu, 21 Mei 2016

Administrator

Islam

Dibaca: 344 kali

Terletak di Desa Arung Keke Pa’lantikang Kecamatan Arung Keke. Secara astronomis terletak pada 119° 50 11,6” Bujur Timur dan 05° 50 11.6” Lintang Selatan dengan ketinggian 27 mdpl. Lokasi situs terletak di belakang rumah penduduk dengan jarak dari jalan poros desa sejauh 30 meter.Areal situs dikelilingi oleh pagar batu yang disemen setinggi kurang lebih 1 meter dan berbatasan dengan perkebunan penduduk kecuali di sebelah selatan yang berbatasan dengan pemukiman.Jumlah makam yang berada pada situs ini sebanyak dua makam.Walaupun kondisi makam tidak utuh namun masih dapat diidentifkasi.Secara umum, bentuk makam memiliki perbedaan yang signifikan dengan makam-makam Islam kuno lainnya yang terdapat di Kabupaten Jeneponto. Bentuk makam tersusun dari balok-balok batu tanpa spesi dengan masing-masing makam memiliki bentuk nisan segi empat dan nisan tipe Aceh. Berikut ini adalah data lengkap makam:

Makam I

Walaupun bentuk makam yang tidak teratur, namun masih dapat diidentifikasi.Bentuk jirat persegi panjang yang tersusun dari balok-balok batu tanpa spesi.Tidak memiliki gunungan maupun ragam hias pada jirat.Jirat bersusun, semakian ke atas ukurannya semakin kecil. Memiliki satu nisan bentuk segi empat.Ragam hias berupa flora berbentuk bunga dan sulur-sulur dan ragam hias bentuk geometris-tumpal.

 

Makam II

Kondisi makam tidak jauh berbeda dengan kondisi makam sebelumnya. Teknologi pembuatan jira sama dengan makam di atas yaitu tersusun dari balok-balok batu tanpa spesi. Tidak memiliki gunungan dan ragam hias. Memiliki satu nisan tipe Aceh.

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas