.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Situs Kompleks Makam Bokeo Mburi

Sabtu, 21 Mei 2016

Administrator

Islam

Dibaca: 389 kali

Kompleks Makam Bokeo Mburi terletak di Kelurahan Kowioha, Kecamatan Wundulako, posisi koordinat 121° 40΄ 34,2˝ Bujur Timur dan 04° 06΄ 38,4˝ Lintang Selatan dengan ketinggian 45 meter di atas permukaan laut. Bokeo Mburi merupakan seorang perempuan yang menjadi Raja Mekongga ke-18 dalam rentang waktu (1828-1863), Untuk menuju ke kompleks tersebut sangat mudah karena terletak di tengah perkampungan dan telah mengalami renovasi tahun 2004 oleh Kantor Pariwisata Kabupaten Kolaka, sehingga bangunan makam utama (Bokeo Mburi) telah dibuatkan susunan batu dengan perekat semen berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran panjang = 8,5 meter, lebar = 4 meter dan tinggi dari permukaan tanah = 89 cm. Dari hasil reovasi telah dibatasi dengan pagar besi, terdapat 4 makam yang seluruhnya menggunakan nisan monolit.

Setiap makam rata-rata memiliki 2 nisan. Ukuran nisan Bokeo berukuran panjang = 30 cm, lebar = 14 cm dari monolit berbentuk pipih. Menurut informasi masyarakat bahwa makam-makam yang terdapat di dalam pagar tersebut adalah makam Bokeo Mburi seorang raja perempuan dan makam saudara-saudara perempuannya, sedangkan saudara laki-lakinya dimakamkan di luar pagar.

Ketiga makam lainnya hanya merupakan gundukan tanah tanpa pembatas dan hanya ditandai dengan masing-masing 2 batu monolit yang tanpa melalui proses pengerjaan sebelumnya. Diluar pagar, terdapat beberapa makam baru dari bahan keramik. Selain itu, juga terdapat beberapa gundukan tanah dan hanya teridentifikasi 3 gundukan tanah yang masing-masing memiliki 1 nisan monolit.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas