.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Gua Bawang Liangnge

Gua Bawang Liangnge merupakan bagian dari gugusan Bulu Bukulu yang letaknya berdekatan dengan Gua Cinayya. Jarak dari gua Cinayya sekitar ±250 m. Secara astronomis letaknya pada titik S 04º 47’ 57,1 “ dan E 119º 31’ 14,1” dengan ketinggian 18 m dpl. Secara administratif gua ini terletak di Dusun Kabbaka Desa Bowong Cindea Kecamatan Bungoro. Mulut gua menghadap timur laut. Untuk menuju ke gua ini melewati pematang sawah. Di pelataran gua ditumbuhi pohon sukun, pisang, kelapa dan semak blukar. Intensitas cahaya ke gua relatif baik.

Permukaan lantai gua agak datar dengan lebar mulut gua 14 m, tinggi 5 m dengan kedalaman 8 m. Gua ini dimanfaatkan masyarakat setempat menyimpan sekam padi dan juga dijadikan sebagai kandang ternak. Terlihat dengan banyaknya kotoran sapi dan sekam padi yang berserakan di lantai gua. di langit-langit dan stalagitit gua masih banyak terlihat tetesan air dengan kondisi yang agak lembab.  Di langit-langit gua ditemukan adanya indikasi lukisan namun telah terkupas disebabkan oleh kondisi dinding gua yang agak lembab.

Tinggalan arkeologi yang ditemukan di lantai gua adalah 2 serut dari bahan gamping, 1 taring binatang, dan 16 fragmen bagian badan gerabah. 6 fragmen gerabah di antaranya berselip merah.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas