.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Sosialiasi Hasil Penelitian Arkeologi di Pondok Pesanteren Putri Ummul Mukminim Makassar 2015

Kesejukan dan keheningan Pondok Pesanteren Ummul Mukminim Maksssar sangat terasa, ketika para tim dari Balai Arkeologi Makassar selaku penyelenggara sosialisasi hasil penelitian arkeologi tahun 2015. Sekitar 15 menit kami berada diaula, terdengar riuh para peserta yang berdatangan keaula, dan aula yang semula sangat luas, tiba-tiba terasa sangat sempit karena dipenuhi sekitar 250 peserta. Sopontan kamipun kewalahan dalam membagi seminar kit dan absensi peserta. Tepat pukul 08 pagi, kegiatan sosialisasi dapat dilaksanakan, sebelum acara dibuka dengan resmi oleh kepala sekolah, terlebih dahulu perwakilan penyelenggara memberikan arahan oleh Bapak Makmur tentang maksud dan tujuan kedatangan tim dari Balai Arkeologi Makassar. Dalam arahannya disampaikan bahwa Balai Arkeologi Makassar merupakan lembaga penelitian arkeologi di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara, dimana hasil-hasil penelitian arkeologi harus dipublikasikan kemasyarakat, melihat minimnya informasi tentang tinggalan arkeologi di sekolah-sekolah, maka dengan itu kami memandang sangat perlu untuk melakukan sosialisasi hasil-hasil penelitian arkeologi bagi siswa(i).

Sosialisasi hasil-hasil penelitian arkeologi ini diharapkan bagi siswa(i) lebih mengenal tinggalan-tinggalan arkeologi yang ada di Sulawesi Selatan hingga pada giliranya para siswa(i) lebih mengenal budayanya sendiri dan mampu memperkuat karakter dan jati diri sebagai masyarakat Indonesia.Tema dari kegiatan Sosialisasi hasil-hasil penelitian arkeologi kali ini adalah “Jejak Peradaban di Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat”

Dalam sumbutan kepala sekolah Pondok Pesantren SMA dan MA Ummul Mukminin Bapak  Drs. H.A. Malapiang Batin, sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena menambah wawasan para siswa(i) dalam hal kebudayaan, dan berharap kegiatan yang serupa dapat dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas