.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Workshop Dasar-Dasar Arkeologi

APEx Soppeng 2016 Rumah Peradaban - Pada senin (26/09/2016), sekitar 350 siswa(i) dari berbagai sekolah menengah umum (SMU) di Sulawesi Selatan memadati aula lapangan Gasis Soppeng, untuk mengikuti rangkaian kegiatan APEx 2016. Hadir sebagai pembicara untuk membawahkan materi dasar-dasar arkeologi ialah seorang dosen dari Dapartemen Arkeologi Universitas Hasanuddin yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia Komda SULAMPAPUA, Bapak Yadi Mulyadi, M.A, dan didampingi oleh Makmur sebagai moderator.

Materi dasar-dasar arkeologi merupakan salah satu materi pembekalan yang diberikan kepada para peserta siswa(i) dengan tujuan memberikan pengenalan secara umum mengenai pembabakan jaman dalam arkeologi sebagai sebuah warisan budaya.

Sebagai pelengkap, setelah materi dasar-dasar arkeologi, peserta dibagi dalam kelompok kemudian diajak bermain games jejak zaman oleh panitia fasilitator. Tujuan dari games ini yakni agar peserta memahami ciri peninggalan arkeologi yang perlu mereka perhatian dan juga memahami transformasi bentuk material budaya dari masa ke masa. Cara bermainnya pun mudah, peserta hanya perlu mencocokkan kertas nama zaman dengan foto tinggalan arkeologi yang mewakili setiap zaman yang disiapkan oleh masing-masing fasilitator kelompok.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas