.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Sosialisasi Arkeologi di SMK Negeri 2 Simbang Maros 2016

Maros – Sepanjang jalan Maros ke Bantimurung tim sosialisasi arkeologi 2016 disajikan dengan pemandangan yang menajubkan yaitu gugusan gunung karst membentang sangat indah,  gunung-gunung tersebut dijadikan hunian pada masa prasejarah yang diperkirakan puluhan ribu tahun yang lalu.

Rombongan tiba sore di Bantimurung disambut oleh patung monyet yang masih berdiri kokoh dan kesejukan air terjun yang mengalir deras, semakin membuat tim sosialisasi dari Balai Arkeologi Sulawesi Selatan semakin bersemangat, beberapa tim sempat mencelupkan diri kedalam derasnya air terjun Bantimurung.

Ketua panitia Bernadeta yang akrab disapa Bu’ Dety memimpin rombongan tim sosialisasi bergegas berangkat pagi ke SMK Negeri 2 Simbang Maros sebagai lokasi sosialisasi arkeologi 2016 , yang jaraknya hanya 500 meter dari lokasi kami menginap. Kamis (24/11/2016) kami disambut oleh riuh ratus pelajar yang siap mengikuti kegiatan sosialisasi arkeologi.

Kegiatan sosialisasi arkeologi di SMKN 2 Simbang Maros langsung dibuka oleh kepala sekolah bapak Drs. Muhtar, M.Pd yang didamping oleh Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Bapak Asis… dalam sambutan kepala sekolah sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi arkeologi karena dapat memberikan informasi tentang peninggalan kebudayaan yang pada akhir dapat memperkuat karakter kebudayaan di lingkungan SMKN 2 Simbang Maros.

Pembicara pertama yaitu bapak Fakhri, SS selaku peneliti yang memaparkan dan memberikan informasi tentang peninggalan mulai pada masa paleolitik, mesolitik, neolitik sampai kemegalitik.  Kemudian dilanjutkan oleh Dra. Nani Somba, M.Si yang banyak bercerita tentang cara kerja arkeologi dalam mengungkap dan menemukan benda-benda peninggalan masa lalu. Pembicara terakhir dalam kegiatan ini ialah Bapak Makmur selaku peneliti dibidang arkeologi Islam yang banyak berbicara tentang peninggalan arkeologi pada masa Islam baik yang ada disulawesi selatan khususnya yang ada di Kabupaten Maros.

Sesi terakhir kegiatan sosialisasi arkeologi di SMKN 2 Simbang Maros ialah evaluasi peserta dalam bentuk games jejak zaman, dari hasil evaluasi tersebut dapat kami lihat bahwa peserta cukup mengerti tentang pembabakan zaman beserta ciri-ciri peninggalannya. Sepanjang pelakasanaan kegiatan para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi arkeologi.

Berita Terkait

    Komentar via Facebook

    Kembali ke atas