.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Sosialisasi Hasil Penelitian Arkeologi (Th.2016) di SMP Negeri 8 Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara

Ranomeeto, arkeologi-sulawesi.com. Balai Arkeologi Sulawesi Selatan sejak tahun 2001 telah melakukan sejumlah penelitian arkeologi di Sulawesi Tenggara. Daerah yang telah diteliti meliputi Kota Buton, Buton Utara, Muna, Wakatobi, Konawe, Kendari, dan Konawe Selatan. Hasil-hasil penelitian tersebut belum pernah disosialisasikan secara sistematis dan terfokus. Oleh karena itu, pada tahun 2016 ini Balai Arkeologi Sulawesi Selatan melakukan sosialisasi hasil penelitian pada 4 sekolah di wilayah Sulawesi Tengggara, terdiri dari 2 sekolah SMA dan 2 sekolah SMP.

 

SMP Negeri 8 Konawe Selatan terpilih menjadi salah satu target sosialisasi di Sulawesi Tenggara. Pada sosialisasi tersebut terutama dipaparkan potensi dan nilai penting situs-situs yang berada di sekitar lingkungan sekolah dan tempat tinggal siswa. Harapannya, siswa bisa mengenali dan dapat mengapresiasi nilai penting yang terkandung pada artefak yang ditemukan. Dengan sosialisasi ini pula diharapkan siswa dapat menjadi ujung tombak menjaga keberlanjutan situs dan mengapresiasi nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

 

Pada sosialisasi yang berbasis data hasil penelitian, hadir Kepala sekolah, guru sejarah dan para siswa SMP. Sosialisasi dilaksanakan di Ruang Keterampilan SMP 8 dengan nara sumber para peneliti arkeologi Balar Sulawesi Selatan dan pengajar arkeologi Universitas Haluoleo Kendari. Respon posistif para siswa sangat tinggi sebagaimana terlihat dari pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber yang hadir. Banyak diantara siswa peserta kemudian mendaftarkan diri ikut “Archaeology Open Day” di situs Peninggalan Jepang--Lapangan Terbang Kendari II. (*Syahruddin-Sasadara).

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas