.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Siswa SMP Konawe Selatan Jadi Tamu Riset Arkeologi 2016

Konawe, arkeologi-sulawesi.com. Siswa SMP Konawe Selatan menjadi tamu peneliti arkeologi yang sedang penelitian di situs Kendari II Airfield. Sebanyak 48 orang siswa SMP dan 1 orang guru pendamping berkunjung ke situs yang sedang diteliti Balai Arkeologi Sulawesi Selatan pada hari Rabu, tanggal 14 Desember 2016. Tamu siswa ini disambut para peneliti Balai Arkeologi Sulawesi Selatan berserta tim lokal Kendari, yakni dosen dan mahasiswa jurusan Arkeologi Universitas Haluoleo.

 

Sebagai tamu riset arkeologi di lokasi penelitian yang sedang berlangsung, para siswa beruntung dapat didampingi para arkeolog menelusuri jejak peninggalan Perang Pasifik yang terdapat dalam situs. Dengan semangat tinggi para siswa ikut menyeberangi sungai dan hutan alami menuju bungker dan melihat proses ekskavasi. Mereka juga dikenalkan dengan artefak peninggalan tentara Jepang yang ditemukan selama kegiatan survei dan ekskavasi oleh para peneliti. Sebagai “Tamu Riset” di lokasi situs, siswa bebas bertanya dan mencoba lebih dekat dengan kegiatan riset arkeologi. Para siswa juga diberi kesempatan merasakan kerja riset lapangan arkeologi di salah satu kotak ekskavasi. Kegiatan Tamu Riset dibuka selama penelitian dengan tujuan mendekatkan siswa sebagai generasi masa depan dengan peninggalan yang memiliki nilai penting bagi penguatan integritas kebangsaan dan memupuk kecintaan pada warisan budaya bangsa. Diharapkan, dengan kegiatan ini dapat memberi pengayaan sejarah-kebudayaan dan meningkatkan apresiasi siswa terhadap cagar budaya (situs arkeologi).

 

Para siswa selama menjadi “Tamu Riset Arkeologi” juga diberi penjelasan tentang makna penting setiap peninggalan (artefak) yang ditemukan para peneliti. Dengan dipandu arkeolog dan guru pendamping dari sekolah, para siswa diberi kesempatan juga menulis pengalaman selama menjadi Tamu Riset Arkeologi.  Sebagai “Tuan Rumah”, peneliti Balai Arkeologi Sulawesi Selatan memberikan cenderamata berupa baju kaos “SITUS KENDARI II AIRFIELD” kepada dua orang pelajar yang menghasilkan tulisan pengalaman terbaik. (*Ratno Sardi dan Nur Ihsan).

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas