.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Kompleks Makam Dea Daeng Lita

Selasa, 14 Februari 2017

Administrator

Islam

Dibaca: 561 kali

Bulukumba - Tim peneliti dari Balai Arkeologi Sulawesi Selatan melakukan penelitian arkeologi di Situs Kompleks Makam Dea Daeng Lita yang berada diwilayah administrasi Kelurahan Tanah Jaya Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba, tempatnya di titik koordinat S 05⁰ 20’15.27” E 120⁰ 22’ 09.07” pada tahun 2016.

Situs makam Dea Daeng Lita merupakan kompleks pemakaman bangsawan dan masyarakat biasa, terletak diwilayah pusat ibu kota Kecamatan Kajang. Dikompleks makam ini ada 291 makam dapat teridentifikasi, diantaranya terdapat makam yang memiliki ragam hias dan inskripsi. Tokoh utama yang dimakamkan ialah Dea Daeng Lita sehingga kompleks makam ini dinamakan Kompleks Makam Dea Daeng Lita.

Makam Dea Daeng Lita sengaja ditinggikan untuk membedakan dengan makam lain untuk mengambarkan stratifikasi sosial yang dimiliki. Teknik untuk meninggikan makam Dea Daeng Lita dengan cara menyusun balok-balok batu berbentuk segi panjang, tinggi susunan balok-balok batu dari permukaan tanah 145 cm, panjang 470 cm dan lebar 410 cm. Bentuk jirat Dae Daeng Lita berbentuk papan batu mempunyai gunungan, pada bagian badan jirat diberikan tiga terap kecil, ukuran jiratnya ialah panjang 235 cm dan lebar 75 cm. Nisan Dea Daeng Lita terbuat dari batu andesit berbentuk menhir dimana pada bagian kaki berbentuk segi empat sedangkan bagian badan berbentuk segi delapan, ukuran tinggi nisan dari permukaan pusaran makam 180 cm.

Disamping makam Dea Daeng Lita, terdapat jenis makam dari papan batu pasir mempunyai gunungan pada sisi utara dan selatan, dimana gunungannya diberikan motif hias sulur, teknik penyambungan antara gunungan dengan badan jirat memakai pen untuk mengaitkan. Nisan yang digunakan ialah nisan pipih yang berpasang, nisa diberikan motif hias sulur dan flora pada bagian badan hingga puncak nisa, pada nisan bagian utara selain motif hias sulur dan flora juga terdapat inskripsi arab bagian dalam yang bertulis ““La Ilaha Allahu”” sedangkan bagian luar pada kaki nisan terdapat inskripsi arab yang bertulisan “La Ilaha Allahu Muhammadan Rasul”. Ukuran jirat panjangnya 97 cm dan lebar 48 cm, sedangkan tinggi nisan 90 cm lebar 20 cm. Menurut keterangan masyarakat bahwa makam merupakan makam istri Dae Daeng Lita, di nisannya terdapat inskripsi lontara “I Lela” nampaknya merupakan nama yang dimakamkan (MKR).

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas