.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

171 Siswa Jadi Tamu Balar Sulsel Gelombang II

Kamis, 16 Februari 2017

Administrator

Umum

Dibaca: 536 kali

Makassar -  Hari Jumat (3/2/2017), Balai Arkeologi Sulawesi Selatan kembali mendapat kunjungan siswa-siswi dari SMA Negeri 21 Makassar. Kunjungan kali ini dihadiri oleh 172 siswa-siswi dari kelas XI dan XII IPA dengan didampingi oleh dua guru sejarah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Dalam kunjungan kali ini, Balai Arkeologi Sulawesi Selatan lebih mempersiapkan diri dengan membuat alur kunjungan bagi siswa-siswi. Alur kunjungan dimulai dengan pemberian materi kelas yang memaparkan materi tentang hasil-hasil penelitian Balai Arkeologi Sulawesi Selatan.

Materi yang dipaparkan terutama tentang objek-objek arkeologi dari masa Prasejarah hingga masa Islam, materi kedua dipaparkan tentang  sejarah perkembangan Kota Makassar dan bangunan-bangunan masa Kolonialnya. Setelah materi kelas, siswa-siswi kemudian dibagi ke dalam empat kelompok dan masing-masing didampingi oleh peneliti untuk memberikan penjelasan tentang hasil-hasil penelitian Balai Arkeologi Sulawesi Selatan. Secara bergiliran, keempat kelompok tersebut bergantian mengunjungi Ruang Display, Ruang Poster dan Ruang Analisis Artefak (Laboratorium Artefak).

Kunjungan kali ini juga dipersiapkan sebuah demonstrasi tentang bagaimana pembuatan alat batu (Archaeology Eksperimental) dan siswa-siswi juga diberi pemahaman tentang bagaimana membedakan alat batu dan ciri-ciri penggunaan alat batu. Selain itu, pada kunjungan Gelombang ke-II ini, Balai Arkeologi Sulawesi Selatan mempersiapkan games dan kuis bagi siswa-siswi. Dalam kuis tersebut para pemenang mendapat bingkisan berupa buku dan baju kaos (*Ratno Sardi-Andhika Syaputra)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas