.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Situs Bulu Tanae (Garessi)

Secara administrasi berada di wilayah Dusun Garessi, Desa Lautang Salo Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang dengan posisi geografis 03 derajat 55’26.4” dan 119 derajat 33’59.1” Bujur Timur. Situs ini adalah sebidang tanah datar yang berada di antara hamparan pertambakan yang ditandai dengan sebuah pohon aluppang (nama lokal) yang cukup besar, disamping tumbuhan lain, seperti sukun, mangga dan pisang.

Indikasi arkeologis yang terdapat di situs ini berupa sebuah makam kuno dengan nisan batu alam polos dan diyakini masyarakat setempat sebagai makam seorang tokoh kharismatik bernama Puang Janggo (leluhur orang Garessi). Selanjutnya berdasarkan informasi dari Wa Baco (80 th) bahwa di sekitar situs pernah ditemukan wadah guci yang berisi abu dan tulang jenasah. Keterangan yang sama juga diperoleh dari hasil penelitian Steve Druce tahun 2005 yang mengklaim situs ini sebagai lokasi penguburan praIslam (Druce, 2005:265). Selain dari makam kuno yang terdapat di situs ini, tidak satupun artefak kecil (keramik, gerabah dan lain-lain) yang ditemukan. Hal ini dikarenakan permukaan situs ditumbuhi perdu yang cukup tinggi, sehingga pengamatan permukaan situs terganggu.

Kekunoan lain yang terdapat di situs tersebut adalah sebuah prasasti yang berisikan riwayat perjuangan La Massalasa dan kawan-kawan dalam melawan KNIL di tempat ini. Adanya monumen-monumen arkeologi di atas, sehingga lokasi ini sangat disakralkan oleh penduduk setempat, bahkan seringkali penduduk sekitar datang berziarah dan melakukan upacara tertentu (melepas nasar dan upacara turun sawah, dll) di situs tersebut.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas