.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Kompleks Makam Ka ba

Sabtu, 21 Mei 2016

Administrator

Islam

Dibaca: 387 kali

Kompleks Makam Ka’ba terletak di Kelurahan Tande, Kecamatan Pamboang dengan titik koordinat 03˚30.42,9ʹ Lintang Selatan dan 118˚58.28,0ʹ Bujur Timur. Berbagai bentuk dan tipe makam di antaranya jirat dan monolit dengan rincian : nisan segi 8, pipih, dan hulu keris. Jirat dan nisan yang dijumpai sangat bervariasi baik bentuk, teknik pembuatan, ukuran maupun ragam hiasnya. Dengan demikian ada perbedaan yang mendasar untuk pembagian jenis jirat dan nisan. Untuk jirat tipologi didasarkan pada teknik pembuatan sedangkan nisan dasar tipologinya adalah bentuk dasarnya. Sehubungan dengan hal tersebut, bentuk jirat dibagi menjadi 3 tipe, yaitu: monolit, pasang-sambung dan semi monolit. Jirat dengan tipe monolit adalah jirat yang di bentuk dari bahan utuh, di pahat sedemikian rupa sehingga membentuk jirat makam dan gunongan. Beberapa jirat menyatu dengan gunongan dan nisan, terutama yang berukuran kecil. Dengan bentuk empat persegi panjang. Jirat ini umumnya tampak ramping karena perbandingan antara lebar dan tinggi lebih besar tinggi. Bahkan beberapa makam ukuran tinggi mendekati ukuran panjangnya. Oleh karena itu jirat ini sering di pahat seperti bertingkat yang berfungsi untuk mengurangi kesan monoton.

Jirat dengan tipe pasang sambung merupakan jirat yang dibangun dari papan-papan batu. Bagian untuk panjang, lebar dan gunongannya di bentuk dengan teknik saling ikat sedemikian rupa, sehingga dari papan-papan batu terbentuk jirat makam. Jirat tipe ini umumnya di bentuk bertingkat tiga atau lima.

Jirat semi monolit pada dasarnya sama dengan tipe monolit. Perbedaannya adalah bahwa tipe ini ada bagian jirat yang terpisah, umumnya gunongannya. Apabila gunongannya di lepas, maka jirat akan nampak sederhana, mirip peti batu masif, kecuali hiasan dan ceruk untuk gunongan dan nisan.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas